RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan : 1. Memahami siaran atau cerita yang
disampaikan secara langsung /tidak langsung
B.
KOMPETENSI
DASAR :
1.1 Menanggapi siaran
atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
Siaran
(langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Pokok-pokok
isi berita
·
penangapan
isi berita
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
1
|
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa
kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Tanggung jawab
|
·
Kepemimpinan
|
2
|
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah
ditulis secara runtut dan jelas
|
||
3
|
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi
yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
·
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik
tertentu dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis
secara runtut dan jelas.
·
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi
yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
·
Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa
yang rasional dan logis.
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
§
Penugasan
§
Diskusi
§
Tanya
Jawab
§
Unjuk
kerja
§
Ceramah
§
Demonstrasi
G.
Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
·
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu
dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi
yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
|
·
Mencari Siaran
(langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
·
Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa
yang rasional dan logis.
|
·
Siswa berlatih mendiskripsikan Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/
nonberita
· Siswa Menuliskan isi berita .
|
H.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Kegiatan
Awal :
F Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
F
Membentuk kelompok
diskusi
|
Bersahabat/ komunikatif
|
2.
|
Kegiatan
Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
F Mendengarkan berita tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur
panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh)
F Menyampaikan secara lisan isi berita secara bergantian
& Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
F Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat
F Mendiskusikan isi berita
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Tanggung jawab
|
3.
|
Kegiatan
Akhir :
F Refleksi
F Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
|
Bersahabat/ komunikatif
|
I.
ALOKASI
WAKTU :
4 x 40 menit
J.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·
Radio/ tape
·
Televisi
·
CD salinan berita atau
kaset rekaman
K.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui
: ............................
Kepala
SMA/MA…… Guru
MP.
………………………..
…………………...
NIP./NIK……………..
NIP./NIK…………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar